Mengapa Proses Audit Harus Dilakukan oleh setiap perusahaan

Audit merupakan suatu proses yang bersifat sistematis. Yang sering digunakan untuk memperoleh hasil evaluasi atau bukti secara objektif. Untuk mendapatkan hasil tersebut, memang dibutuhkan suatu aserasi-aserasi yang melibatkan beberapa tindakan. Untuk mendapatkan kesesuaian dengan kriteria perusahaan. Sehingga dapat disampaikan dengan baik kepada pemakai kepentingan.

https://auditakuntansi.com/

Jadi tidak heran jika jasa audit kian dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Guna untuk membantu perusahaan dalam membuat suatu penilaian. Entah itu penilaian kondisi, maupun kinerja suatu perusahaan. Agar lebih transparan dan lebih bersifat objektif. Namun penjelasan tersebut masih dalam bentuk teori atau pengetahuan.

Lantas mengapa proses audit harus dilakukan oleh setiap perusahaan? Dan apakah manfaatnya bagi setiap perusahaan yang diaudit. Berikut informasi detailnya!

Mengapa Proses Audit Harus Dilakukan?

  1. Untuk Mengetahui Kondisi Keuangan Perusahaan

Kondisi keuangan, merupakan salah satu hal penting yang harus selalu di diutamakan. Karena merupakan sebuah indokator kesuksesan dalam perusahaan. Oleh karenanya tidak heran jika suatu perusahaan rela melakukan banyak hal. Demi menjaga kesetabilan keuangan perusahaan tersebut. Dan salah satu caranya adalah memeriksa kembali kondisi keuangan anda, atau bisa melalui proses audit. Yakni dengan menyewa jasa audit.

  1. Memenuhi Kewajiban

Sesuai dengan peraturan perundang-undagan yang ada, setiap perusahaan diharuskan untuk melakukan proses audit. Aturan tersebut sudah diberikan acuan pada UU perseroan No 40 tahun 2007 pasal 68, tentang kewajiban dalam melakukan audit. Dalam undang-undang tersebut, isinya mengatur tentang kewajiban menyerahkan laporan keuangan kepada akuntan publik. Serta masih banyak poin-poin lain di dalamnya.

  1. Mengetahui Informasi Perusahaan

Selain untuk memahami secara detail tentang kondisi keuangan, dengan audit bisa mengetahui berbagai informasi penting perusahaan. Sebagai contohnya untuk pemenuhan kebutuhan informasi untuk berbagai pihak. Yang memang dibutuhkan suatu laporan yang umum. Bukan hanya dapat dimengerti oleh seorang di bidang akuntansi saja. Melainkan juga dapat dipahami oleh seluruh pengguna. Proses tersebut juga merupakan proses penerjemahan laporan keuangan dalam perusahaan.

Itulah mengapa proses audit wajib dan harus dilakukan oleh setiap perusahaan. Sebab dengan proses audit, setiap perusahaan dapat mengevaluasi berbagai pentuk aktifitas. Mulai dari penilaian kondisi, maupun kinerja suatu perusahaan. Agar lebih bisa terlihat secara transparan dan lebih bersifat objektif. Karena itulah perlu suatu tenaga ahli di bidang audit sistem perusahaan, seperti halnya seorang penyedia jasa audit terpercaya dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *